Senin, 28 Mei 2012

Sistem Informasi dalam dunia kerja

Oke,,, pada postingan kali ini saya akan memberitahu hal - hal yang harus dikuasai oleh seorang Sarjana jurusan Sistem Informasi agar mereka lebih cepat diterima dilapangan kerja.

Dari banyaknya lowongan kerja yang saya ketahui, baik di internet, media cetak, bahkan bertanya langsung sama yang sudah berpengalaman, untuk lulusan Sistem Informasi ada beberapa hal yang sangat penting yang dilihat oleh suatu perusahaan. Yaitu :

>> Umur <<
untuk lulusan S1 Sistem informasi menurut yang saya ketahui itu biasanya usia maksimal melamar 26-35 tahun baik bagi pria maupun wanita. Tapi tidak semua perusahaan juga yang memiliki kebijakan seperti itu. Itu tergantung dari kebijakan perusahaan itu sendiri.

>> Nilai Kelulusan <<
Seperti yang saya ketahui kebanyakan dari perusahaan mencantumkan Nilai minimal yang harus didapat. Karena menurut mereka nilai melambangkan keseriusan  seorang sarjana dalam menjalankan perkuliahan yang akan berpengaruh pasa sifatnya dalam bekerja, yang melanbangkan serius atau tidakkah jika mereka diterima di perusahaan tersebut nantinya.  Biasanya perusahaan memberikan minimal nilai untuk seorang lulusan S1 Sistem Informasi dengan IPK 3,00. Tapi itu juga tergantung kebijakan perusahaan itu sendiri. Ada juga perusahaan yang meminimalkan nilai IPK yaitu 2,75. Bahkan juga ada perusahaan yang meminimalkan IPK 3,25.

>> Pengalaman <<
Pengalaman merupakan hal yang penting juga dalam melamar kerja. Dimana-mana ataupun hampir setiap perusahaan menanyakan pengalaman kerja seorang pelamar. Karna dengan begitu mereka tahu sejauh mana kemampuan pelamar tersebut terjun kedalam dunia kerja.

Selain itu, jika seorang pelamar kerja sudah memiliki pengalaman kerja, mereka biosa mengajukan surat permohonan tawaran gaji yang ditawarkan oleh suatu perusahaan tersebut.
Tetapi ada juga beberapa perusahaan yang meminimalkan pengalaman kerja minimal 1tahun atau 2tahun.

>> Bahasa Inggris <<
Kemampuan dalam berbahasa inggris dalam dunia kerja saat ini sudah dikatakan sangat wajib sekali.
Biasanya perusahaan perusahaan besar selalu meminta sertifikat bahasa inggris ataupun sertifikat ITP  TOEFL score minimal 500 atau IELTS score minimal  5,5 . Biasanya , yang tidak memiliki sertifikat tersebut, perusahaan perusahaan besar tersebut akan meminta pelamar untuk mengikuti tes kemampuan bahasa inggris yang diselenggarakan oleh perusahaan tersebut.

>> PROGRAM yang dikuasai <<
Program yang dikuasai adalah hal yang sangat penting bagi lulusan S1 Sistem Informasi.  Karena jika mereka diterima kerja nanti, pekerjaan mereka sehari hari adalah menjalankan program program yang dipakai perusahaan tersebut. Biasanya program yang sering dipakai diperusahaan adalah : Bahasa program PHP, Delphi, basis data oracle MySQL dan Visual Basic. Selain itu, pelamar juga harus memiliki keterampilan dalam menggunakan MS.Word, MS.Exel dan Power Point .

Oke,,, sekian informasi yang dapat saya paparkan. Semoga bermanfaat,,,,

3 komentar:

Avenged 7X mengatakan...

Yah lumayan memberi informasi.

Rozi Rikza Akbar mengatakan...

thanks infonya mbak :)

handhika dhika mengatakan...

makasih mbae

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates